Cari

Rabu, 30 September 2015

BNPB: 3 Provinsi Beri Status Tanggap Darurat Asap, 3 Lainnya Masih Ditunggu

Ini adalah berita terbaru tentang wilayah yang mendapat musibah Asap

Sejumlah provinsi di Sumatera dan Kalimantan terkena imbas bencana kabut asap. Sudah tiga provinsi memberikan status tanggap darurat. "Hingga saat ini 3 provinsi sudah menyatakan status Tanggap Darurat yaitu Riau, Jambi dan Kalteng. Sedangkan Sumsel, Kalbar, dan Kalsel masih Siaga Darurat," ujar Kepala Humas dan Informasi BNPB Sutopo Purwo di Jakarta, Rabu (30/9/2015). Padahal, kata Sutopo, sudah terjadi kekabaran hutan dan asap sehingga harusnya tiga provinsi itu juga sudah menaikkan status Tanggap Darurat agar ada kemudahan akses. "Gubernur menyatakan masih sanggup mengatasi kebakaran hutan di daerah masing-masing dengan bantuan dari Pemerintah Pusat," ujar Sutopo.

BNPB mengalokasikan Rp 385 milyar untuk penanganan kebakaran hutan hingga September 2015. Diperkirakan BNPB akan menambah anggarannya karena karhutla masih berlangsung. Pemerintah pusat, melalui BNPB dan Kementerian LHK sudah sejak awal memberikan pendampingan atau membantu Pemda.

Hampir 95 persen pendanaan penanganan kebakaran hutan dari Pemerintah Pusat. BNPB mengerahkan 19 helikopter water bombing, 4 pesawat hujan buatan, memberikan peralatan pompa air, masker, bantuan dana operasional bagi personil di lapangan, mengerahkan 3.773 personil TNI dan 770 personil Polri dari pusat yang diperbantukan ke daerah.

"Minimnya APBD yang dialokasikan untuk penanganan karhutla di daerah memang salah satu kendala. Sudah tahu tiap tahun terjadi karhutla, namun tidak mengalokasikan APBD yang memadai," kata Sutopo.

Mari kita do'a kan semua yang mengalami musibah tersebut. Terima Kasih sudah berkunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar